Jumat, 16 Maret 2012

Google Chrome di Indonesia


 



JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendorong pemanfaatan browser Chrome di Indonesia, Google tidak hanya menerjemahkan semua menunya dalam Bahasa Indonesia. Google juga mendorong pengembangan konten lokal khas Indonesia dalam browser tersebut.
Bagaimana caranya? Browser Chrome rupanya telah dilengkapi fitur bernama ekstensi yang memungkinkan siapa pun menambahkan aplikasi tambahan. Saat ini terdapat belasan aplikasi khas Indonesia yang bisa digunakan sebagai ekstensi Google Chrome.
Salah satu aplikasi menyediakan menu navigasi langsung untuk mengakses update berita terbaru dariKompas.com. Pengguna Google Chrome yang memasang ekstensi tersebut bisa mngintip berita-berita teraktual tanpa harus membuka halaman atau tab baru dan mengetik alamat Kompas.com. Hanya dengan menge-klik ikon di kanan atas browser, akan muncul daftar artikel terbaru dalam rubrik dan kanalnya dan tinggal pilih yang menarik untuk ditampilkan dalam tab baru.
Ekstensi lainnya berupa tema untuk mengganti gambar latar belakang browser Chrome. Saat ini sudah ada beberapa tema tokoh-tokoh idola seperti striker Persija Bambang Pamungkas, artis Dian Sastrowardoyo, tokoh kartun Benny & Mice, maupun tema harimau Sumatera bautan WWF. Juga ada informasi fil dari Cineplex, Kaskus, dan Kapanlagi.

"Kami ingin ekstensi ini terus bertambah menjadi ribuan lagi dan lagi," kata Andrew McGlinchey, Head of Product Management Google Southeast Asia di sela-sela jumpa pers peluncuran Google Chrome versi Indonesia di Jakarta, Selasa (22/6/2010).
Menurut Andrew McGlinchey, dukungan terhadap konten lokal merupakan salah satu kunci kesuksesan browser selaun kecepatan, kepraktisan, dan keamanannya. Google pun telah menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar penting saat ini.
"Pertunbuhan pengguna internet di Indonesia sangat tinggi dan masih banyak yang bisa kami lakukan di sini," katanya. Setiap kali meluncurkan produk baru, lanjut Andrew McGlinchey, Google akan berupaya menghadirkan dalam versi lokal ke pasar-pasar potensial seperti Indonesia.
Pertumbuhan pengguna Google di Indonesia pun diakui sangat tinggi. Andrew mengklaim, jumlah pengguna layanan Google di Indonesia masih tumbuh dua digit setiap tahun tanpa menyebut jumlah pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar