Kamis, 28 Juni 2012

sekedar tahu PII----->Pengertian Lambang PII



Pengertian Lambang PII

1. Lambang Pelajar Islam Indonesia (PII) adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan sifat, keadaan, nilai dan norma yang dimiliki oleh setiap kader PII sesuai dengan cita-cita PII. Lambang PII ini diciptakan oleh Kanda Joesdi Ghozali sebagal perintis bangkitnya PII, dan untuk pertama kalinya diperkenalkan pada acara Kongres Ke-3 PII pada tanggat 27-31 Maret 1950 di Bandung.

2. Bentuk Lambang PII terdiri dari

a.Bulan Bintang
b.Kubah Masjid
c.Empat Tingkat Bangunan
d.Tujuh teratak tangga
e.Buku, pena dan kitab
f.Lima kelopak bunga
g.Pita bertuliskan PII
h.Lingkaran segitiga

3. Pengertian Bentuk Lambang

a.Bulan Bintang berada di puncak lambang menunjukkan ketinggian Islam sebagai cita-cita yang diperjuangkan PII

b.Qubah Masjid dengan lengkungan yang membusung melambangkan keagungan dan kebesaran Islam sebagai ruh perjuangan PII

c.Empat tingkat bangunan memberikan makna bahwa PII dalam membangun pendidikan dan kebudayaan dengan landasan yang kokoh dan kuat. Angka empat merupakan tanggal kebangkitan PII.

d.Tujuh teratak tangga menunjukkan bahwa PII dalam perjuangan mencapai tujuannya disusun secara teratur, bertahap dan sistematis. Angka tujuh yang dikombinasikan dengan angka empat merupakan tahun kebangkitan PII (1947)
e.Lima kelopak bunga menunjukkan bahwa PII dalam setiap gerak dan langkahnya selalu berpegang teguh pada prinsip-ptinsip Islam yang tercermin dalam rukun Islam yang lima. Angka Lima menunjukkan bulan Mei, bulan kebangkitan PII.

f.Buku, pena dan kitab memberi makna bahwa PII mengajak kepada anggota untuk selalu belajar, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan petunjuk Allah SWT dalam Al Quran.

g.Segitiga melingkari lambang menunjukkan bahwa segenap usaha PII mengarah pada satu tujuan yaitu mengabdi dan diridhoi Allah SWT.
h.Pita betuliskan PII menunjukkan identitas PII sebagal organisasi yang dinamis.

4. Pengertian Wama Lambang

a.Warna hijau pada bentuk lambang PII menunjukkan kedamaian dalam gerak dan langkah memperjuangkan dan menyebarkan nilai-nilai Islam

b.Warna merah putih pada garis pita sebelah luar menunjukkan jiwa dan komitmen PII kepada bangsa dan negara Republik Indonesia sebagai wilayah dakwah

c.Warna biru pada lingkaran segi tiga menunjukkan kesetiaan dan komitmen PII pada pendidikan dan kebudayaan sebagai sasaran dakwah

d.Warna putih pada tubuh lambang menunjukkan kesucian misi dan eksistensi yang diemban PII

5. Kesimpulan Arti Lambang

Kesempumaan pendidikan dan kebudayaan bagi segenap rakyat Indonesia dan ummat manusia.

6. Perbandingan Ukuran Lambang

Lambang PII dibuat dengan ukuran lebar berbanding tinggi adalah tiga berbanding empat.
http://www.pii-maluku.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar